KOMPOSISI DAN STRUKTUR FITOPLANKTON DI PERAIRAN SUNGAI PADA KAWASAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. BINTARA TANI NUSANTARA, PASAMAN BARAT, SUMATERA BARAT

Ranny Syafitri, Jabang Nurdin

Abstract

Perkembangan perkebunan dan pabrik kelapa sawit yang begitu pesat dapat berpotensi menimbulkan berbagai masalah lingkungan salah satunya limbah cair kelapa sawit yang dibuang ke perairan sungai. Dengan adanya buangan limbah cair kelapa sawit akan menyebabkan gangguan terhadap biota perairan salah satunya fitoplankton yang ada di lokasi tersebut. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan April hingga September 2023 di Perairan Sungai pada Kawasan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Bintara Tani Nusantara (BTN) Pasaman Barat, Sumatera Barat. Tujuan penelitian untuk mengetahui komposisi dan struktur fitoplankton. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pengambilan sampel secara purposive random sampling. Hasil didapatkan 95 spesies, 30 famili dan 10 kelas fitoplankton. Kepadatan total fitoplankton berkisar 2,08-18,83 ind./l. Indeks diversitas fitoplankton termasuk kedalam kategori sedang hingga tinggi dengan indeks equitabilitas tergolong cukup merata hingga hampir merata dan tidak ada spesies yang mendominasi. Faktor fisika kimia masih sesuai untuk pertumbuhan fitoplankton.

Keywords

fitoplankton, kelapa sawit, perairan

Full Text:

PDF

References

Ahmad, A., Bahruddin., dan R. Aulia.

Penyisihan Kandungan Padatan Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit Dengan Bioreaktor Hibrid Anaerob Bermedia Cangkang Sawit. Universitas Riau. Riau.

Akbar, T. 2012. Ekotoksikologi dalam Perspektif Kesehatan Ekosistem Laut. PT.Agromedia Pustaka. Bandung.

Barus, T.A. 2004. Pengantar Limnologi Studi Tentang Ekosistem Sungai dan Danau. USU Press. Medan.

Basmi, J. 1999. Planktonologi. Bioekologi plankton algae. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Chan, YJ, C. Mei-Fong., dan L. Chung-Lim. 2013. Optimization of palm oil mill effluent treatment in an integrated anaerobic-aerobic bioreactor. Sustainable Environment Research. 23 (3): 153-170.

Dodds, W., and M. Whiles. 2010. Freshwater Ecology, Concept and Environmental Applications of Limnology 2nd Edition. Elsevier. California.

Evita, I. N. M., R. Hariyati., dan J. W. Hidayat. 2021. Kelimpahan dan Keanekaragaman Plankton sebagai Bioindikator Kualitas Air di Perairan Pantai Sayung Kabupaten Demak Jawa Tengah. Bioma: Berkala Ilmiah Biologi. 23 (1): 25-32.

Gao, X., dan Song J. 2005. Phytoplankton distribution and their relationship with the environment in the Changjiang Estuary, China. Marine Pollution Bulletin. (50): 327-335

Hasibuan, K. M., dan A. Harahap. 2020. Analysis of the Quality of the River Kundur in the Review of the Physical-Chemical. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI - Journal) Humanities and Social Sciences. 4 (1): 1021-1026.

Lukman., Aziz. 2017. Inventarisasi Mikroalga di Sungai Mesat Kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA STKIP-PGRI Lubuklinggau.

Michael, P. 1984. Metode Ekologi Untuk Penyelidikan Ladang dan Laboratorium UI. Press. Jakarta.

Muliari., dan I. Zulfahmi. 2016. Dampak Limbah Cair Kelapa Sawit Terhadap Komunitas Fitoplankton di Sungai Krueng Mane Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Perikanan dan Kelautan. 137-146.

Nalang. A., H. Simbala., N. S. Ai., dan R. Siahaan. 2015. Struktur dan Komposisi Fitoplankton di Bagian Hulu Sungai Saluesem, Minahasa, Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah Sains. 13 (2): 1-16.

Nurdin, S dan S. Anwar. 2002. Hubungan Plankton dengan Kualitas Air Di”Oxbow Lake” Teluk Kenidai, Sungai Kampar Kanan. Terubuk XVII (51): 29-42.

Pielou, M. 1997. Mathematical Ecology. Wiley. New York.

Pirzan, A. M. dan P. R. Pong-Masak. 2008. Hubungan Keragaman Fitoplankton dengan Kualitas Air di Pulau Bauluang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Jurnal Biodiversitas. 3. (9): 217-221.

Suwondo., E Febriata., dan F. Sumani. 2006. Struktur Komunitas Gastropoda Pada Hutan Mangrove Di Pulau Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat. Biogenesis. Sumatra Barat: UIN Alauddin. 2. (1):15.

Syafrinawati, R. 2019. Komposisi dan Struktur Komunitas Fitoplankton di Sungai Masang Kecil yang Menerima Aliran Limbah Cair Pabrik Minyak Kelapa Sawit di Kinali, Pasaman Barat. Skripsi. Universitas Andalas.

Vuuren, S. J. V., Jonathan. T, Carin. V. G., dan Annelise. G. 2006. Easy Identification of The Most Common Freshwater Algae. North-West University noorowes-universitiet. South African.

Wardiatno, Y., I. Anggraeni, R. Ubadillah dan I. Maryanto. 2003. Provil dan Permasalahan Perairan Tergenang(Situ, Rawa dan Danau). Dalam: R.Ubadillah dan I.Maryanto (Eds). Manajemen Bioregional Jabodetabek: Profil dan Strategi Pengelolaan Situ,Rawa dan Danau. Puslit Biologi-LIPI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.